Laman

Jumat, 07 Februari 2014

RAHASIA PUASA SENIN-KAMIS

A.Dasar Hukum
  
  Senin dan kamis merupakan dua nama hari dalam kalender Hijriyah maupun Masehi. Namun, hari ini memiliki keistimewaan tersendiri. Pasalnya, pada kedua hari itu, Nabi Muhammad saw menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa sunnah. Pada dua hari itu, umat islam disunnahkan untuk berpuasa.
     Pada Senin-Kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh nabi Muhammad saw sebagaimana sabda Rasulullah saw dari Abu Hurairah: " Bahwasannya Rasulullah saw adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis . Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah bersabda: 'sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman: 'Tangguhkan keduanya'. (HR.Ahmad).

B.Alasan Disunahkannya
     Hari Senin adalah hari kelahiran manusia yang paling sempurna yang diutus oleh Allah swt untuk menyampaikan risalah-Nya. Itulah Nabi Muhammad saw yang dilahirkan di tengah keluarga Hasyim. beliau dilahirkan di Makkah pada hari Senin pagi tanggal 9 Rabiul Awal, permulaan tahun dari peristiwa Gajah, yakni bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi.
      Lalu,bagaimana dengan hari Kamis? Apa dan kenapa hari Kamis menjadi istimewa sehingga kita disunahkan untuk berpuasa pada hari itu? Setiap amal perbuatan yang dilakukan oleh Hamba Allah akan dilaporkan oleh para Malaikat pencatat amal. Sekecil apapun amal kebaikan yang dilakukannya, Allah akan memberikan ganjaran yang berlipat ganda.
      Disamping itu, puasa pada hari Senin-Kamis adalah puasa yang sangat istimewa karena pada hari itu dibukanya pintu surga. Sebagaimana sabda Rasulullah saw: " Pintu-pintu disurga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka pada hari itu akan diampuni setiap hamba yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, kecuali orang yang diantara dirinya dan saudaranya terdapat permusuhan.

C.Keistimewaan Puasa Senin -Kamis
    Sebagai puasa sunnah, tentu saja puasa senin -kamis memiliki posisi yang penting dimata Allah swt. Allah akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada yang mengerjakannya. Amal kebaikan yang dilakukan oleh orang yang berpuasa akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat. Hal ini sudah dijanjikan Allah swt dalam salah satu hadits Qudsi-Nya;
   "Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya . dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat." (HR.Bukhari dan Abu Daud).
  
   Diantara keistimewaan puasa Senin-kamis yang akan kita dapatkan untuk kehidupan akhirat adalah
1) Dijamin Masuk Surga
2) Terhindar dari Siksa Api Neraka
3) Menjadi penolong pada hari Kiamat
4) Menanamkan kedekatan diri pada Allah swt
5) mempercepat terkabulnya doa

D.Hikmah dalam kehidupan
    1) Menjaga sikap konsisten,disiplin dan jujur
    2) Mengendalikan nafsu seksual
    3) Mencegah dan Mengobati berbagai penyakit

Demikianlah, yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya untuk kita semua.
Wassalamu'alaikum wr. wb

1 komentar :

  1. Baru tau kalo manfaatnya sebanayak dan sebaik itu gan...thanks gan

    Ditunggu gan kunjungannya di cyberblogsz.blogspot.com

    BalasHapus